FUNGSI LAYER DAN PENGERTIAN PAN,LAN,MAN,INTERNETWORK,JARINGAN ANTAR PLANET

                                              FUNGSI LAYER DAN PENGERTIAN
                          PAN,LAN,MAN,INTERNETWORK,JARINGAN ANTAR PLANET



1. Layer Physical

Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

2. Layer Data-link

Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.

3. Layer Network

Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Beberapa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network
    * Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
    * Mendeteksi Error
    * Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
    * Mengendalikan aliran

4. Layer Transport

Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.

5. Layer Session

Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.

6. Layer Presentation

Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

7. Layer Application

Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.



               PAN, MAN, LAN, INTERNETWORK, JARINGAN ANTAR PLANET 

1.PAN(Personal area network)




   Sebuah jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer perangkat, termasuk telepon dan personal digital assistant . PANS dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet (sebuah uplink ). Sebuah jaringan area nirkabel pribadi (WPAN) adalah PAN dilakukan melalui jaringan nirkabel teknologi seperti IrDA , Bluetooth , Wireless USB , Z-Wave , ZigBee , atau bahkan di Area Jaringan Tubuh . Jangkauan WPAN bervariasi dari beberapa sentimeter sampai beberapa meter. PAN A juga dapat dilakukan melalui kabel bus komputer seperti USB dan FireWire .

2.LAN(Local area network)

  Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

3.MAN(Metropolitan area network)



    Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3.internetwork

Antarjaringan (Bahasa Inggris:Internetwork) adalah sebuah istilah yang merujuk kepada penghubungan dua buah segmen jaringan atau lebih dengan menggunakan sebuah router, sehingga
terbuatlah satu buah jaringan yang lebih besar. Paket-paket yang datang dari salah satu jaringan yang tergabung dengan internetwork akan diteruskan ke jaringan tujuannya oleh router, dengan menggunakan proses routing. Teknik ini juga merupakan teknik yang sama yang digunakan untuk menghubungkan antar jaringan di dalam jaringan Internet.

4.jaringan antar planet

Internet antarplanet (IPN) adalah dikandung jaringan komputer di ruang angkasa, yang terdiri dari satu set node jaringan yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi akan sangat tertunda oleh besar antarplanet jarak, sehingga IPN kebutuhan suatu baru set protokol dan teknologi yang toleran terhadap penundaan besar dan kesalahan. Sementara internet seperti yang kita tahu itu cenderung menjadi jaringan sibuk jaringan dengan lalu lintas tinggi, keterlambatan diabaikan dan kesalahan, dan tulang punggung kabel, Internet antarplanet adalah jaringan toko-dan-maju dari Internets yang sering terputus, memiliki tulang punggung nirkabel penuh dengan kesalahan-rawan link dan keterlambatan berkisar sampai puluhan menit, bahkan berjam-jam, bahkan ketika ada sambungan.

Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 1 komentar

16 Desember 2014 01.49

Rajalistrik.com

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAGI ILMU TEKNIK INFORMATIKA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Template